terkadang setelah kita mengarahkan suatu domain ke hosting atau merubah dari hosting satu ke hosting lain, perubahan itu tidak bisa langsung dirasakan . atau masih tetap mengarah ke domain yang sebelumnya

bisanya perubahan dari server satu ke server yang lain lebih lambat daripada proses pemesanan hosting baru, dikarenakan browser di komputer client kebanyakan masih menyimpan cache dns yang sebelumnya

Propagasi DNS sendiri adalah adalah waktu yang dibutuhkan oleh domain untuk dapat tersambung dengan server. Untuk masa Propagasi DNS sendiri mempunyai beragam variasi, yang biasanya bisa berlangsung hingga 1 x 24 Jam. Jika Domain sudah melewati masa Propagasi, maka domain yang sudah aktif tersebut dapat diakses.

berikut adalah beberapa penyebab Propagasi DNS:

  • Cache Komputer :biasanya komputer akan menyimpan suatu cache di internet, hal inilah yang menyebabkan perubahan tidak bisa langsung terdeteksi oleh komputer client yang mengakses website tersebut.
  • Internet Service Provider : Dalam hal ini masa Propagasi DNS juga dipengaruhi oleh ISP yang digunakan oleh pengguna. ISP akan melakukan penyesuaian terhadap DNS yang baru untuk diaktifkan pada kodisi tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *